Petir Dalam Artikel

Pengertian Petir

petir penangkal petir

 

source : https://img1.grunge.com/img/gallery/what-happens-when-you-get-struck-by-lightning/intro-1565620189.jpg

Petir adalah pelepasan muatan elektrostatik yang terjadi secara alami, dimana dua daerah yang bermuatan listrik di atmosfer dan tanah bertemu, dan menyebabkan pelepasan energi sesaat sebanyak satu gigajoule energi.

Pelepasan energi ini dapat menghasilkan berbagai macam radiasi elektromagnetik, dari plasma yang sangat panas yang diciptakan oleh gerakan elektron yang sangat cepat hingga kilatan cahaya terlihat dalam bentuk radiasi benda hitam, menyebabkan guntur, suara dari gelombang kejut yang berkembang ketika gas-gas di sekitar pembuangan mengalami peningkatan tekanan yang tiba-tiba. Secara umum hal ini terjadi selama badai dan jenis lain dari sistem cuaca energik, tetapi kilatan dari gunung berapi dapat terjadi pada saat gunung merapi tersebut meletus.

Penelitian Kekuatan Arus Petir

Pada tahun 2002 Institut Teknologi Bandung ( ITB ) melakukan penelitian terhadap kekuatan sambaran petir di Indonesia, penelitian ini mendapati bahwa Kota yang memiliki arus listrik petir terbesar adalah Kota Depok, yang memiliki arus negatif berkekuatan 379,2 KA (Kilo Ampere) dan arus positif mencapai 441,1 KA

Dengan kekuatan tersebut, arus listrik ini dapat menghancurkan bangunan dengan sekejap, sekalipun bangunan tersebut terbuat dari beton.

Sebelum melakukan penelitian di Depok Jawa Barat, Institut Teknologi Bandung ( ITB ) melakukan penelitian di Gunung Tangkuban Parahu Jawa Barat, dan para ahli menemukan bahwa kekuatan arus petir terkuat ada di Gunung Tangkuban Parahu, namun hasil tersebut terpatahkan setelah para ahli melakukan penelitian di Depok.

Hal ini terjadi karena Kota Depok dipengaruhi angin lokal dari angin darat dan angin laut dari Kepulauan Riau dan Selat Malaka, juga Kota Depok dipengaruhi oleh kondisi angin lembab dan angin gunung dari bukit barisan. Hal tersebut menjadi penyebab awan Cumulonimbus terbentuk dengan kerataan dan sambaran yang sangat tinggi terjadi di kota ini.

Di Kota Depok ini sambaran negatif mempunyai jumlah yang lebih tinggi dari sambaran positif atau sambaran antar awan, ini disebabkan oleh kandungan besi tanah di Kota Depok cukup tinggi.

Pengamanan Asset

Untuk mengamankan Asset dari bahaya sambaran ini, maka Pemerintah mewajibkan untuk memasang sistem Penangkal Petir pada seluruh asset Negara di Indonesia. Dengan ini masyarakat Indonesia juga dapat mengamankan Asset yang mereka miliki dengan memasang sistem penangkal petir.

Pemasangan Sistem proteksi ini dianjurkan dilakukan oleh personil yang profesional dan sudah berpengalaman dalam penanganan sistem proteksi penangkal petir, dikarenakan personil yang profesional akan menekan human error yang akan menyebabkan instalasi proteksi tidak berfungsi dengan baik dan akan terpasang sia-sia.

HUBUNGI KAMI

CV. Tekindo Jaya Mandiri

CV. Tekindo Jaya Mandiri memiliki SDM yang berkualitas dan profesional untuk menangani masalah pengamanan asset dari sambaran petir di Indonesia, juga menggunakan material-material terbaik untuk mendukung pengamanan asset dari sambaran petir.

Kembali ke Atas
Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu?